Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Sistem Bahan Bakar Common Rail Mesin Diesel?

Apa Itu Sistem Bahan Bakar Common Rail Mesin Diesel?


Jenis mesin diesel semakin berkembang seiring berkembangnya jaman. Salah satunya yaitu sistem Common Rail.

Apa Itu Sistem Common Rail?

Sistem Common Rail (injeksi rel bersama) merupakan salah satu metode injeksi bahan bakar kedalam ruang bakar yang menggunakan penampung bertekanan tinggi. Penampung tersebut berupa rel (rail) dan jalur bahan bakar bertekanan tinggi yang akan di injeksikan menuju nozzle.

Penggunaan sistem common rail banyak digunakan pada mobil-mobil penumpang, truk kecil sampai truk besar. Contoh merek mobil yang menggunakan sistem common rail adalah Mitsubishi Pajero Sport, Isuzu Mu-x, Isuzu Giga, dan lain-lain.

Dibandingkan dengan yang biasa, sistem common rail memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah:

  • Meningkatkan automisasi bahan bakar.
  • Meningkatkan kinerja mesin.
  • Memperhalus gerakan mesin.
  • Mengurangi konsumsi bahan bakar.

Sedangkan kelemahan dari sistem common rail adalah tekanan yang sangat tinggi juga memiliki resiko yang tinggi.

Komponen-Komponen Sistem Common Rail.

Komponen-komponen/bagian-bagian sistem common rail adalah sebagai berikut.

1. Tangki.

Tangki berfungsi sebagai tempat menampung bahan bakar.

2. Pompa Tekanan Tinggi.

Berfungsi untuk meningkatkan tekanan bahan bakar dan memompa ke pipa bertekanan tinggi.

3. Filter Bahan Bakar & Water Sedimeter.

Filter berfungsi untuk menyaring kotoran yang terkandung dalam bahan bakar sehingga kotoran tidak dapat menyumbat saluran nantinya. Dan water sedimeter berfungsi untuk mengendapkan air yang bercampur dengan bahan bakar.

4. Overflow Valve.

Berfungsi sebagai katup yang menambah bahan bakar dengan tekanan tinggi untuk dapat kembali ke tangki bahan bakar.

5. Return manifold.

Return manufold berfungsi untuk mengontrol bahan bakar kembali ke tangki.

6. Katup Kontrol Tekanan Tinggi.

Untuk mengontrol tekanan didalam pompa tekanan tinggi.

7. Sensor Tekanan Rail (pipa).

Sensor berfungsi untuk memantau tingginya tekanan pada pipa atau rail.

8. Rail.

Berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar bertekanan tinggi ke masing-masing injector untuk disemprotkan ke dalam ruang bakar.

Siklus Aliran Bahan Bakar Pada Sistem Common Rail.

Hampir sama seperti jenis mesin pada umumnya, aliran bahan bakar sistem common rail adalah sebagai berikut.

Bahan bahar dari tangki disedot melalui pompa kemudian bahan bakar masuk ke filter bahan bakar. Didalamnya bahan bakar disaring dan air yang bercampur di endapkan. Selanjutnya bahan bakar menuju ke rail (pipa) dengan tekanan tinggi. Bahan bakar bertekanan tinggi tersebut akan disemprotkan oleh injector kedalam ruang silinder dan terjadilah pembakaran. Sedangkan sebagian sisa bahan bakar akan kembali lagi menuju tangki melalui return manifold.